Friday 2 December 2016

Cara Cek Akun Google yang Terinfeksi Malware Gooligan

Rifqiokmer - Dunia Android baru - baru ini dihebohkan dengan malware bernama Goolingan yang dapat mencuri data-data sensitif. Malware jenis baru ditemukan di Android, Menurut data yang dirilis oleh Check Point Malware Gooligan ini telah mengingfeksi 1,3 juta akun Google telah terinfeksi malware yang bernama Gooligan.


Selain melumpuhkan perangkat, malware jenis ini juga bisa mencuri akses ke sejumlah data pengguna Playstore, Google Docs, Google Drive, Google Photos, dan sejumlah layanan Google lainnya.
Menurut keterangan yang ditulis di blog resmi Check Point menyebutkan bahwa Malware Gooligan ini merupakan sebuah malware turunan dari keluarga malware dengan nama Ghost Push dan ditemukan pertama kali tahun lalu disebuah aplikasi SnapPea. (Baca : Cara Mengatasi Virus Android)
Malware ini tidak mencuri informasi pengguna, tetapi malware ini hanya menyusupi iklan pop-up dalam perangkat Android. Apabila perangkat Android terkena malware ini, pengguna tanpa sadar akan mengunduh aplikasi yang telah dikeluarkan dari iklan pop-up tersebut. Lalu bagaimana caranya memastikan sendiri apakah akun google Anda sudah diretas?
Cara Cek Akun Google yang Terinfeksi Malware Gooligan
Mengingat sebagian besar akun yang diretas berasal dari Asia, wajar jika Anda merasa khawatir dikarenakan akun google ini sangat sensitif digunakan. Banyak yang menggunakan akun google sebagai alamat email kerja ataupun hal penting lainnya.
  • Caranya, pastikan akun Google kamu aman atau tidak di tautan berikut yaitu pengecekan malware Gooligan yang disediakan oleh Check Point.


  • Masukan Alamat Email di kolom yang disediakan, kemudian klik Check.


  • Itulah hasil dari proses check akun google yang aman.
Adapun cara lainnya ialah dengan memastikan Anda tidak menginstall aplikasi dibawah ini. Berikut adalah daftar aplikasi yang terinfeksi malware Goolingan

Masih banyak aplikasi yang terinfeksi, Untuk Lebih lanjut, kamu bisa langsung melihat di laporan Check Point. Untuk menceganya anda bisa sering mengganti password email anda sesulit mungkin.

Adalah seorang blogger yang suka mempelajari hal-hal yang baru seputar teknologi dan Android khususnya. Untuk mempelajari Hal baru, membutuhkan kesabaran dan ketekunan serta ketelitian dalam mempelajarinya.

Terimakasih telah berkunjung maupun sekedar membaca tulisan ini. Semoga yang anda baca dapat membantu anda dikemudian hari. Jika masih ada yang kurang jelas bisa kalian berkomentar atau langsung menghubungi admin via Kontak Admin maupun facebook. Dilarang melakukan Copy-Paste tanpa menyertakan sumber asli web ini karena dapat dikenakan sanksi copyright dan membuat blog/website anda di delete oleh pihak berwajib.
EmoticonEmoticon