Saturday 19 November 2016

7 Fungsi smartphone android yang jarang digunakan

Rifqiokmer - Buat kamu yang selalu berhadapan dengan gadget, mungkin belum mengetahui beberapa fungsi dari smartphone yang kalian miliki. Beberapa dari kalian lebih cenderung menggunakannya hanya untuk chatting atau video call. Namun, tahukah anda bahwa smartphone memiliki banyak fungsi selain itu?




7 Fungsi smartphone android yang jarang digunakan
Di era digital sekarang ini smartphone mulai dikembangkan dengan banyak fitur yang tentunya sangat berguna untuk keseharian penggunanya. Tetapi masih banyak fungsi lain dari smartphone ini yang tidak digunakan secara maksimal.

1. Sebagai pengganti komputer presentasi
Saat kamu akan presentasi dikantor maupun dikampus, tetapi tidak membawa laptop? Nah, fungsi pertama smartphone yang jarang digunakan ini dapat membantu kamu saat keadaan seperti itu. Kamu cukup menginstall aplikasi presentasi yang ada di playstore dan menghubungkan ke proyektor dengan wireless ataupun kabel USB tambahan.



2. Remote kontrol
Hampir semua perangkat elektronik bisa anda kendalikan lewat smartphone seperti TV, AC, DVD, dan alat elektronik lainnya. Namun untuk dapat mengendalikan peralatan elektronik tersebut, smartphone anda harus memiliki fitur Infra Red dan menginstall aplikasi tambahan seperti IR Universal Remote yang tersedia di playstore.


3. Merekam percakapan materi dosen
Jika kamu malas mendengarkan dosen berbicara saat memberikan materi, kamu cukup merekam suara dosen menggunakan aplikasi bawaan sound recorder yang ada di smartphone. Mungkin sedikit tidak sopan, tetapi apabila kamu kesulitan memahami materi, kamu bisa mendengarkan kembali percakapan dosen tersebut.


4. Pelacak kendaraan bermotor
Beberapa pengembang teknologi keamanan otomotif berhasil membuat fitur untuk melacak kendaraan yang hilang. Sistem online yang terintergrasi dengan fitur GPS yang terdapat pada smartphone dan GPS yang terdapat pada kendaraan bermotor dapat melakukan pelacakan secara real time. 


5. Mengusir Tikus
Dengan aplikasi anti rat, anda bisa mengusir tikus dengan mudah dan pasti kabur. Aplikasi tersebut menghasilkan suara/ bunyi ultrasonic yang tidak disukai tikus dan merusak pendengaran tikus. Tertarik mencoba? anda bisa cari aplikasi Anti Rat di Google Play Sore.


6. Buku elektronik
Tidak hanya mempermudah dibidang komunikasi dan produktivitas, smartphone anda bisa digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Misalnya, saat dalam perjalanan anda ingin membaca buku pelajaran ataupun novel, banyak yang tersedia di internet maupun versi berbayar di playstore.


7. Pencarian suara meskipun layar mati
Mungkin masih banyak yang belum diketahui bahwa smartphone android dapat melakukan pencarian meski layar sedang mati, saat kamu mengucapkan "OK Google" smartphone akan otomatis bereaksi dengan perintah tersebut.



Pastikan bahwa fitur Google Now secara default sudah aktif. Jika belum, download terlebih dahulu melalui google playstore. Lalu masuk google settings > Search & Now > Voice > OK Google detection, aktifkan fitur tersebut dan apabila pilihan From Any Screen tidak dapat diubah, maka smartphone anda tidak Support fitur ini.

Adalah seorang blogger yang suka mempelajari hal-hal yang baru seputar teknologi dan Android khususnya. Untuk mempelajari Hal baru, membutuhkan kesabaran dan ketekunan serta ketelitian dalam mempelajarinya.

Terimakasih telah berkunjung maupun sekedar membaca tulisan ini. Semoga yang anda baca dapat membantu anda dikemudian hari. Jika masih ada yang kurang jelas bisa kalian berkomentar atau langsung menghubungi admin via Kontak Admin maupun facebook. Dilarang melakukan Copy-Paste tanpa menyertakan sumber asli web ini karena dapat dikenakan sanksi copyright dan membuat blog/website anda di delete oleh pihak berwajib.
EmoticonEmoticon