Friday 2 September 2016

Kenali Ciri-ciri Android Yang Terkena Virus

RifqiokmerSeiring perkembangan pengguna smartphone Android, muncul berbagai jenis virus atau malware yang berbahaya. Alhasil pengguna Android resah karena banyak permasalahan yang timbul, dan tentunya sangat merugikan.
Jenis virus atau malware yang berkembang pada perangkat Android juga sangat bermacam-macam, mulai dari malware yang dapat mengurangi pulsa, menghapus data, sampai yang membuat kinerja smartphone menjadi menurun. Tapi tahukah anda bahwa ada beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali jika smartphone Android anda terserang virus?

Virus Android
1. Membuka Browser sendiri
Pernahkan ketika anda baru saja menyalakan data internet atau terkoneksi dengan internet, entah dengan wifi atau jaringan seluller tiba-tiba membuka browser sendiri padahal anda tidak sedang ingin membuka browser lalu muncul iklan tertentu? Mungkin android anda sudah terinfeksi virus.

2. Menginstall aplikasi sendiri
Yang satu ini sudah sangat keterlaluan gan!. Kenapa? karena bisa membuat memori smartphone kita menjadi penuh. Ya, virus yang satu ini tiba-tiba menginstall aplikasi sendiri dan aplikasi tersebut biasanya hanya berlogo "android hijau". Biasanya virus ini terdapat pada jenis android replika/clone. Hati-hati gan ketika memilih android yang KW/Replika/Clone. Seperti contohnya pengalaman admin rifqiokmer pernah tiba-tiba menginstall sendiri aplikasi bernama "SuperADS" yang hanya 1 kb dengan sendirinya.

3. Boros Kuota Internet
Ketika anda sedang menyalakan data/internet padahal sudah dengan pemakaian yang wajar. tetapi kenapa bisa boros? mungkin ada virus yang menyedot kuota anda gan!.

4. Kinerja Smartphone Menjadi Lemot/Lagging
Karena virus tersebut sudah menjalar kemana-mana, membuat kinerja ram dan processor smartphone menjadi sangat lemot. Sekali lagi, tanda- tanda seperti ini perlu anda perhatikan karena kemungkinan besar jika anda mengalami hal tersebut maka ini merupakan tanda android sedang terkena virus .

Lalu Bagaimana mengatasi Android yang terkena virus? Berdasarkan pengalaman admin sendiri, melakukan flashing ulang android. Karena jika hanya melakukan wipe data/kembali ke setelan pabrik, pada beberapa saat kemudian virus tersebut akan terbangun dari tidurnya lagi gan!.

Adalah seorang blogger yang suka mempelajari hal-hal yang baru seputar teknologi dan Android khususnya. Untuk mempelajari Hal baru, membutuhkan kesabaran dan ketekunan serta ketelitian dalam mempelajarinya.

2 comments

Terimakasih telah berkunjung maupun sekedar membaca tulisan ini. Semoga yang anda baca dapat membantu anda dikemudian hari. Jika masih ada yang kurang jelas bisa kalian berkomentar atau langsung menghubungi admin via Kontak Admin maupun facebook. Dilarang melakukan Copy-Paste tanpa menyertakan sumber asli web ini karena dapat dikenakan sanksi copyright dan membuat blog/website anda di delete oleh pihak berwajib.
EmoticonEmoticon